Medan, 2 Agustus 2021

Tim PKM-PM FIP UNIMED memberikan pelatihan dan pendampingan Pembelajaran “ Machine Questions Answer and Appreciation : Pengembangan Media Pembelajaran IPS dalam meninkatkan Cinta Budaya Lokal ” bagi guru-guru SD Negeri 105293 dengan media pembelajaran berbasis PAIKEM ( Pembelajara Aktif, Inovatif, Kreatif,  Efektif dan Menyenangkan) snagat dibutuhkan pada saat pembelajaran Luring maupun Daring di masa pandemi. AdapunTim PKM-PM yang mengadakan kegiatan ini diketuai oleh  Nurhayati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), beranggotakan Arda Yatul Liani  (Pendidikan Guru Sekolah Dasar),  Elsa Wahyuni  (Pendidikan Guru Sekolah Dasar),  Aqilla Az Zahra  ( Pendidikan Teknik Bangunan), dan Fuji Sartika (Pendidikan Sejarah) didampingi oleh dosen pendamping Elvi Mailan, S. Si., M.Pd.

Nurhayati selaku ketua menjelaskan “Dimasa pandemi ini Media belajar sangat diperlukan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan pemahaman terhadap konten pembelajaran, dan Media Machine Questions answer and Appreciation  adalah Media Pembelajaran yang dapat meningkatkan pengetahuan siswa terhadap budaya yang ada di sekitarnya. Media yang berbentuk bangauna Rumah Tiga Tingkatan meliput 3 kebudayaan terkait etnis/ suku mayoritas penduduk di sekitar Wilayah Medan Estate yakni Suku Batak,  Suku Jawa dan Suku Melayu melalui ketiga etnis/suku ini mahasiswa mengembangkan menjadi 3 Tingkatan. Tingkatan yang pertama Mesin Putar Soal berbentuk Jarum Jam adalah Media Pembelajaran Yang berfungsi untuk memilih soal yang akan di jawab siswa, Tingkatan Kedua Machine Question and Appreciation adalah Media Pembelajaran yang kami kembangkan dari mesin Makanan yang berisi Soal. Dimana sistem kerjanya, Jika siswa menekan tombol kotak di bawah makanan, maka akan keluar makanan secara otomatis, Tingkatan Ketiga Otomatic Answer adalah media pembelajaran yang kami kembangkan dari mesin otomatis mengeluarkan mainan berupa motoran berisi jawaban pertnyaan dari mesin makanan. Selain itu disetiap sisi dari media pembelajaran kami hadirkan corak dan Ragam Hias dari ketiga Suku/Etnis masyarakat lokal”.

Lanjutnya Andrean mengatakan bahwa media pembelajaran ini Media Pembelajaran berbasis PAIKEM yang dikemas dalam bentuk kegiatan bermain sambil belajar, Bermain sambil belajar adalah solusi terbaik untuk pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Karena belajar dimaknai sebagai proses interaksi dari anak dengan lingkungannya. Siswa belajar dari hal-hal yang konkrit, yakni yang dapat dilihat, didengar, diraba dan dipraktekkan secara langsung.

Elvi Mailani  selaku dosen pendamping mengatakan “Luaran dari program kegiatan pengabdian dalam pelatihan dan pendampingan ini adalah tersedianya guru kelas yang inovatif dan kreatif dalam mengajar dalam menggunakan metode PAIKEM yang bersinggungan dengan lingkungan sekitar Siswa, terkhusus pembelajaran IPS terkait Keragaman budaya lokal agar tidak diabaikan mengingat bahwa era Revolusi Industri ini siswa usia Sekolah lebih mengenal budaya asing daripada kebudayaan sekitar tempat tinggal siswa”

Pelatihan Mengunkan media QNA dengan bentuk-bentu Permainan lokal dan apresiasi seni seperti membaca puisi daerah dan tarian daerah tidak  menghilangkan Kompetensi dasar pembelajaran dengan memamfaatkan Video Pembelajaran Interaktif,  Pre test, LKPD siswa dan Post Test telah dilaksanakan dari Tanggal 23  Juli 2021 s/d 2 Agustus2021 secara luring di sekolah Mitra.

Guru Kelas yang telah selesai mengikuti pelatihan ini mengatakan sangat terbantu dengan Media Pembelajaran yang dirancang dalam menyelesaikan masalah yang selama ini menjadi kendala ketika Pembelajaran IPS  baik secara Daring maupun Luring, karena peserta didik lebih cepat memahami sesuatu dengan bahasa visual, Audiovisual dan Media Kongkret yang dapat dimainkan siswa dalam proses pembelajaran.

Author

Write A Comment