
Merespons tuntutan pembelajaran di era digital, tim dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bertajuk “Pendampingan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 25 Juni 2025, bertempat di SDN 104213 Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang.
Sebanyak 50 guru dari dua sekolah dasar di Kecamatan Deli Tua, yakni SDN 104213 Deli Tua selaku tuan rumah dan SDN 105300 Suka Makmur, mengikuti kegiatan ini secara aktif dan antusias. Para peserta terlibat dalam berbagai sesi pendampingan yang berfokus pada peningkatan literasi digital dan pemanfaatan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan abad 21.
Ketua tim PKM, Halimatussakdiah, menegaskan pentingnya penguasaan teknologi dalam proses transformasi pembelajaran. “Guru adalah ujung tombak pendidikan. Dengan literasi digital, guru tidak hanya mampu menciptakan pembelajaran yang menarik, tetapi juga relevan dengan kebutuhan zaman,” ujarnya.
Pendampingan mencakup penggunaan berbagai platform digital seperti YouTube, Google Meet, Google Classroom, Canva, Wordwall, dan Kahoot. Guru-guru juga mendapatkan pendampingan dalam menyusun perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka yang terintegrasi dengan teknologi. Metode pendampingan dilakukan secara luring, daring, dan pendekatan peer-to-peer, di mana guru yang lebih mahir mendampingi rekan sejawatnya
Antusiasme peserta terlihat dari semangat mereka dalam mencoba aplikasi baru, berdiskusi aktif, hingga menghasilkan karya pembelajaran digital yang kreatif. Hasil evaluasi menunjukkan dampak yang signifikan:
- Tingkat pemahaman guru terhadap literasi digital meningkat dari 45% menjadi 85%.
- Kemampuan menyusun perangkat ajar digital meningkat hingga 87%.
- Rata-rata peningkatan kompetensi pedagogik guru mencapai 84,4%.
Tidak hanya berfokus pada pendampingan, kegiatan ini juga berhasil membentuk komunitas literasi digital guru sebagai sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman secara berkelanjutan. Program PKM ini juga menjadi wujud nyata kontribusi UNIMED dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, khususnya IKU-2 (mahasiswa belajar di luar kampus) dan IKU-3 (dosen berkegiatan di luar kampus).
Melalui program ini, UNIMED menunjukkan komitmennya dalam menjawab tantangan pendidikan masa kini, dengan mendukung transformasi digital dan memberdayakan guru sebagai agen perubahan di lingkungan sekolah dasar.