Medan, 28 Februari 2022

Himpunan Mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNIMED Periode 2021/2022 telah melaksanakan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada 28 Februari 2022 melalui Virtual Meeting Zoom. Kegiatan ini merupakan program kerja Departemen Agama Islam HMJ PGSD UNIMED. Dalam acara ini mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Akhlak dari Ibadah Kaum Milenial di Era Digital” juga dihadiri oleh petinggi kampus yaitu Ketua Jurusan PGSD, Wakil Dekan III, Pembina HMJ PGSD, Bapak/Ibu Dosen PGSD, seluruh pengurus HMJ PGSD UNIMED, dan umat muslim Mahasiswa PGSD UNIMED.

Rangkaian acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan saritilawah yang dibawakan oleh Yana Faudhani dan Nahdah Faizah Harahap, kemudian kata sambutan oleh ketua panitia yaitu M. Faiz Harridhi Manik, dilanjutkan kata sambutan oleh ketua HMJ PGSD yaitu Arif Zulmi, oleh Pembina HMJ PGSD UNIMED yaitu bapak Septian Prawijaya, S.Pd., M.Pd., oleh Wakil Dekan III FIP UNIMED yaitu Ibu Kamtini, S.Pd., M.Pd., diisi  dengan acara hiburan dan tausiyah oleh Ustad Al-Hafiz Fahmi Arif Salju, S.Pd.

Dalam sambutan dari Pembina HMJ bapak Septian Prawijaya, S.Pd., M.Pd. sekaligus mewakilkan bapak Ketua Jurusan HMJ menyampaikan agar kita semua diharapkan bisa meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. Karakter Nabi Muhammad SAW. yang perlu diteladani antara lain adalah Shiddiq, Amanah, Tabigh, dan Fathanah. Empat akhlak mulia Nabi tersebut yang seharusnya bisa menjadi pedoman hidup kita, sehingga muddah-mudahan terjadi kebaikan untuk kita semua.

Dalam sambutan dari Wakil Dekan III yaitu Ibu Kamtini S.Pd, M.Pd., juga menyampaikan bahwasanya kegiatan ini sangat bermanfaat dan bernilai positif bagi kita semuanya walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara daring, tidak mengurangi makna arti kegiatan yang dilaksanakan. Semoga kita bisa menjadi insan yang senantiasa bertumbuh dan memperbaiki karakter layaknya karakter Baginda Rasulullah SAW.

Dilanjutkan dengan acara inti yaitu Tausiyah yang dibawakan oleh Ustad Al-Hafiz Fahmi Arif Salju, S.Pd. mengatakan peristiwa terjadinya Isra Mi’raj mengingatkan kepada kita untuk lebih butuh dan lebih dekat kepada Allah SWT. Dengan mengerjakan salat dan jangan lupa selalu membaca Al-Qur’an, sejahat apapun jangan pernah tinggalkan salat. Aktivitas kita dalam menggunakan handphone tidak sepadan dengan aktivitas kita membuka Al-Qur’an, tetapi sebentar mari kita renungkan sama-sama realisasikan kembali mindset hidup kita di mana menggunakan handphone ketika butuh saja, kalau Al-Qur’an setiap hari wajib dibaca rutin.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terhadap Ustad mengenai materi yang disampaikan dan berdoa bersama yang dipimpin langsung oleh Ustad untuk menutup acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Lalu acara sesi foto bersama yang dipimpin oleh Departemen Agama Islam. Dipenghujung acara ini ditutup dengan bacaan “Alhamdulillah” dan ditutup oleh MC.

Rasa syukur terpancarkan dalam acara ini walaupun dilakukan secara daring namun antusiasme seluruh anggota di dalam zoom tidak berkurang sedikitpun. Semoga acara kita ini menjadi catatan amal dan bermanfaat bagi kita semua, dan kelak bisa kita laksanakan secara langsung.

Author

Write A Comment