Medan, 29 Oktober 2025 – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Medan, menyelenggarakan Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum Outcome Based Education (OBE) pada 28–29 Oktober 2025 bertempat di Aula Lantai 3 Fakultas Ilmu Pendidikan.
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen PGSD FIP UNIMED dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam menyusun perangkat pembelajaran yang selaras dengan prinsip-prinsip OBE.
Acara diawali dengan kata sambutan dari Ketua Program Studi PGSD, Bapak Apiek Gandamana, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa kegiatan workshop ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Revitalisasi Kurikulum Berbasis Outcome Based Education yang telah dilaksanakan pada 13 Oktober 2025. Lebih lanjut, beliau menegaskan bahwa keberlanjutan kegiatan ini penting sebagai upaya memperkuat implementasi kurikulum OBE di tingkat program studi untuk mewujudkan profil lulusan Program Studi PGSD, yakni tenaga pendidik sekolah dasar yang profesional serta edupreuner yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi pendidikan.
Selanjutnya, kegiatan secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan, Bapak Fahrur Rozi, S.Pd., M.Pd., yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif program studi dalam mengimplementasikan pendekatan OBE di lingkungan FIP UNIMED.

Workshop menghadirkan Bapak Khairul Usman, S.Si., M.Pd. sebagai fasilitator. Dalam pemaparannya, beliau memberikan pendalaman konsep mengenai implementasi kurikulum berbasis OBE di perguruan tinggi, serta memandu peserta dalam praktik langsung penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis capaian pembelajaran. Secara khusus, beliau menjelaskan langkah-langkah penyusunan matriks keterkaitan antara CPL, CPMK, Sub-CPMK, dan indikator capaian, sebagai dasar dalam perancangan strategi pembelajaran dan asesmen yang efektif. Melalui sesi bimbingan tersebut, para dosen memperoleh pemahaman yang lebih sistematis dalam memastikan keselarasan antara profil lulusan, capaian pembelajaran, dan kegiatan belajar di kelas.
Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh dosen PGSD FIP UNIMED mampu menghasilkan perangkat pembelajaran yang tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga mampu mendorong mahasiswa mencapai kompetensi sesuai dengan profil lulusan yang diharapkan.
