Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program penting yang bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, serta keterampilan riset mahasiswa, namun sering kali dianggap sulit atau kurang menarik oleh sebagian besar mahasiswa. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini adalah gamifikasi, yakni penerapan elemen permainan dalam konteks non-game untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa. Dengan menggunakan gamifikasi, pengalaman mengikuti PKM dapat diubah menjadi lebih menarik, kompetitif, dan menantang, sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas karya tulis mahasiswa. Program PKM Gamification telah disosialisasikan kepada mahasiswa PGSD UNIMED semester 3 dan 5.
Program tersebut berlangsung selama 20 hari sejak 19 Oktober 2024 s/d 08 November 2024, namun peserta hanya mengikuti pelatihan melalui zoom meeting dan live streaming youtube PGSD UNIMED pada tanggal 21 dan 28 Oktober, 2024. Selebihnya perta dupersilahkan untuk berdiskusi bersama timnya untuk menyelesaikan misi. Materi pelatihan diberikan oleh pemateri yaitu Ibu Nurhayati, S.Pd. dan Ibu Nur Rarastika, M.Pd.
Terdapat 3 misi dalam program ini, diantaranya 1) Membuat judul PKM; 2) Menyusun draft PKM; dan 3) Menyelesaikan proposal PKM serta mempresentasikannya. Setiap tim akan mendapatkan poin untuk setiap misi yang berhasil diselesaikan, dan kumpulan poin tersebut dapat ditukar dengan reward berupa hadiah juara 1,2, dan 3, serta sertifikat di akhir program. Program ini telah diikuti oleh 192 mahasiswa yang terbagi menjadi 48 tim.