Latest Posts:

Klinik Sentra Edukasi PGSD Universitas Negeri Medan (UNIMED) kini hadir sebagai wadah pengembangan mahasiswa PGSD dengan dua program unggulan, yaitu program Konsultasi/Bimbingan dan Sharing Knowledge. Klinik ini bertujuan mendukung mahasiswa PGSD dalam menghadapi berbagai tantangan akademis dan karier serta meningkatkan kompetensi di bidang pendidikan sekolah dasar. Terdapat enak ruang lingkup atau fokus kajian yang ada di Klinik Sentra Edukasi PGSD yaitu: 1) Pengembangan bahan ajar; 2) Penyusunan kurikulum dan rencana pembelajaran; 3) Pelatihan penulisan karya ilmiah, 4) Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, 5)Pembuatan instrumen penilaian dalam pembelajaran, dan 6) topik relevan lainnya yang berhubungan dengan ilmu pendidikan sekolah dasar.

Saat ini, Klinik Sentra Edukasi PGSD beroperasi di Lab Terpadu PGSD. Dalam menjalankan program-programnya, Klinik ini terdiri dari enam orang tim yang terdiri dari dosen-dosen PGSD, yaitu Muhammad Ikhlas, S.Pd., M.Sc.Ed., selaku Ketua Tim dan lima orang anggota yaitu Agum Budianto, M.Pd., Anggili Pratama, M.Pd., Fenny Rizki Amelia, S.Pd., M.Ed., Doni Irawan Saragih, M.Pd., dan Asiah Ramadhani, M.Pd. Untuk detail bagaimana memperoleh pelayanan dari klinik ini bisa melalui link berikut (bit.ly/SentraEdukasiPGSD)  

Semenjak beroperasinya Klinik Sentra Edukasi PGSD, terdapat 17 mahasiswa PGSD yang telah memanfaatkan program konsultasi/bimbingan. Latar belakang mahasiswa yang mengikuti program tersebut beragam, dengan rincian 2 laki-laki dan 15 perempuan, yang terdiri dari 3 mahasiswa semester 1, 3 mahasiswa semester 3, 7 mahasiswa semester 5, dan 4 mahasiswa semester 7. Para mahasiswa ini datang dengan berbagai kebutuhan konsultasi, mulai dari penulisan artikel ilmiah, pengembangan bahan ajar, penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran, hingga pemilihan karier dan studi lanjut. Layanan konsultasi yang ditawarkan Klinik Sentra Edukasi PGSD ini tidak hanya membantu mahasiswa menyelesaikan tugas atau memenuhi kebutuhan akademik jangka pendek, tetapi juga membantu mereka merancang strategi yang efektif untuk mencapai tujuan jangka panjang. Gambar 1a. dan 1b. menunjukkan bagaiaman nuansa konsultasi/bimbingan yang ada di Klinik Sentra Edukasi.

Gambar 1a.

Gambar 1b.

Sebagai bagian dari peningkatan mutu layanan, Klinik Sentra Edukasi juga mengadakan survei kepuasan untuk menilai pengalaman mahasiswa terhadap program konsultasi ini. Survey dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan dengan opsi jawaban yang berskala 5, dimana angka 5 menunjukkan nilai tertinggi sedangkan 1 menunjukkan nilai terendah. Hasil survei kepuasan menunjukkan rasa puas yang sangat tinggi dari mahasiswa. Sebanyak 14 mahasiswa memberikan nilai 5, sementara 3 mahasiswa lainnya memberikan nilai 4 (lihat gambar 2). Dari segi pemahaman terhadap prosedur klinik, 14 mahasiswa memberikan nilai 5 paham, 2 mahasiswa memberikan nilai 4 dan 1 mahasiswa memberikan nilai  (lihat gambar 3). Ini menandakan bahwa layanan ini telah diterima dengan baik dan prosedur yang berlaku dapat dimengerti oleh mayoritas mahasiswa.

Gambar 2. Survey kepuasaan terhadap pelayanan klinik dalam sesi konsultasi

Gambar 3. Survey terhadap kemudahan peosedur dalam pelaksaanan konsultasi

Penilaian juga dilakukan untuk aspek kompetensi pembimbing. Sebanyak 15 mahasiswa memberikan nilai 5, 1 mahasiswa memberikan nilai 4, dan 1 mahasiswa lainnya memberikan nilai 3. Dengan demikian, mahasiswa menganggap bahwa para pembimbing memiliki kompetensi yang baik dalam melakukan bimbingan/konsultasi (lihat gambar 4). Dari sisi kesopanan dan keramahan, 15 mahasiswa memberikan nilai 5 dan 2 mahasiswa lainnya memberikan nilai 4 (lihat gambar 5). Hasil ini menunjukkan bahwa klinik tidak hanya berhasil dalam memberikan bimbingan akademik, tetapi juga mempertahankan sikap kesopanan dan keramahan.


Gambar 4. Survey terhadap kompetensi pembimbing


Gambar 5. Survey terhadap nilai kesopanan dan kerahaman pembimbing

Author

Write A Comment